Halloween party ideas 2015

Wabup Lamteng beserta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK memulai gerakan cuci tangan pakai sabun

GUNUNG SUGIH, journalnusantara.co.id -- Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menggelar peringatan gerakan hari cuci tangan pakai sabun (CTPS) sedunia. Acara dipusatkan di kampung Restu Buana Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Jum'at (27/10).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Loekman Djoyo Soemarto menyampaikan, Pemkab Lamteng menajak masyarakat selalu jaga pola hidup sehat dengan cara membudayakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan tidak buang air besar sembarangan (BAB).  Ia juga mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan kepada kampung yang  masyarakat masih BAB sembarang tempat.

“Kita berikan bantuan tong air untuk cuci tangan dan sabun. Kita juga beri bantuan 100 sak semen, pasir, dan jamban untuk dibuatkan toilet di rumah warga. Jadi mereka sadar dan sudah ada tempat untuk buang air besar dirumah masing-masing,” kata Loekman.

Wabup menerangkan, budaya cuci tangan ke siswa harus digalakan, jika tidak kebiasaan itu dapat mengganggu pertumbuhan anak dalam pendidikan. Untuk itu sekolah harus menyiapkan sarana prasarana kesehatan.

Di lain pihak Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Hairul Azman mengatakan, masih ada masyarakat yang belum sadar akan pentingnya prilaku bersih dan sehat. Tidak sedikit kampung yang masyarakatnya mempunyai kebiasaan BAB sembarang tempat.

“Kita ingin tidak ada lagi warga kampung yang membuang air besar sembarang tempat. Karena akan membuat mutu dan kesehatan kampung jadi tidak sehat.  Restu Buana adalah kampung kedua setelah Rama Klandungan yang kita programkan membuang air besar di jamban dan gerakan cuci tangan tahun lalu,” papar Kadis.

Kampung Restu Buana ada kampung terluar di Kecamatan Rumbia , mayoritas masyarakatnya petani. Tidak aneh jika warganya banyak tinggal di daerah persawahan. Warga juga memanfaatkan aliran irigasi untuk keperluan sehari-hari.  

Wabup bersama Kadiskes dan Ketua berserta Wakil Ketua TP PKK melakukan cuci tangan pakai sabun secara bersamaan. 

Sehari sebelum di mulai kegiatan CTPS, Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK kabupaten Lampung tengah mengadakan kemah yang bertempat di bumi perkemahan Saka Bakti Husada (SBH) di Kecamatan Rumbia, (26/10). melaksanakan kegiatan 

Sementara Ketua Tim Penggrak (TP) PKK Kabupaten Lampung Tengah, Ny. Nessy Mustafa yang juga hadir saat itu, megatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis untuk membiasakan masyarakat hidup bersih sehingga dapat mencegah penyakit di kehidupan.

"Hari cuci tangan sedunia harus berkelanjutan, terlebih dalam pandangan religi, kebersihan bagian dari keimanan. Gerakan cuci tangan pakai sabun sedunia merupakan kampanye dunia untuk menekan kematian pada anak karena diare dan saluran infeksi saluran pernapasan," ungkap Nessy Mustafa.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengajari sejak dini kepada anak-anak cuci tangan pakai sabun secara disiplin, karena sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Hadir pada kegiatan itu, wakil Bupati Lampung Tengah Loekman  Djoyo Soemarto, Ketua TP PKK, Kepala Dinas Kesehatan, para kepala SKPD, unsur Forkompinda Kabupaten Lampung, para Camat serta para tamu undangan lainnya serta masyarakat. (jn)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.