Halloween party ideas 2015


JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, menyebut angka penggundulan hutan (deforestasi) di  Indonesia tahun ini menurun dibandingkan dengan laju deforestasi pada tahun 2016, yaitu 630 ribu hektare. Luas hutan (forest cover) pada tahun 2017 ini meliputi 93,6 juta hektare.

“Hal ini menunjukkan hasil dari upaya dan kerja keras kita, untuk terus menurunkan angka deforestasi tahunan,” kata Siti saat menjadi pemateri membuka dalam Workshop Hutan dan Deforestasi, di Jakarta, Senin (29/1).

Workshop ini didukung Pemerintah Norwegia dan Kemitraan, dan ini merupakan bagian dari pengembangan National Forest Monitoring  System (NFMS), atau Sistem Monitoring Kehutanan Nasional (Simontana).

Menurut Siti, berdasarkan hasil analisa data penutupan lahan tahun 2017 (periode Juli 2016-Juni 2017), deforestasi (netto) nasional adalah 479 ribu ha, dengan rincian di dalam kawasan hutan seluas 308 ribu ha, dan di Areal Penggunaan Lain (APL) adalah 171 ribu ha.

Saat ini terjadi penurunan angka deforestasi dalam kawasan hutan, yaitu sebesar 64,3%, dibandingkan dengan tahun 2014 sebesar 73,6%. Workshop ini juga dinilai penting olehnya, mengingat pengendalian deforestasi adalah salah satu issue strategis bidang kehutanan. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.