Halloween party ideas 2015



PANARAGAN -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyerap anggaran paling besar dalam APBD 2017 di Tulangbawang Barat. Dari total belanja sebesar Rp806,4 miliar, hampir sebagiannya diserap Dinas PUPR yakni sebesar Rp387 miliar.

Hal ini dikatakan Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Angaran 2017 dalam sidang paripurna, Senin (23/4).
Bupati menjelaskan pada APBD tahun 2017 belanja langsung disiapkan 59,48 % (Rp437,3 miliar) dan belanja tidak langsung sebesar 40,51 % (Rp 369 miliar) dari total belanja sebesar Rp806,4 miliar. Sedangkan pendapatan diproyeksi sebesar Rp967,7 miliar.

"Struktur APBD 2017 adalah struktur APBD pro-rakyat yang artinya bahwa porsi belanja publik lebih besar dari pada belanja aparatur. Kegiatan yang utama adalah perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan," ujarnya.

Terkait dengan kebijakan anggaran belanja daerah, kata dia, diarahkan pada program dan kegiatan dengan memperioritaskan beberapa hal yakni peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan pembangunan infrastruktur perekonomian, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, dan sosial, serta pemberdayaan perempuan.

Selanjutnya, pengembangan ketahanan pangan, kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan, peningkatan keamanan, perlindungan masyarakat, dan antisipasi penanggulangan bencana dan Penguatan kelembagaan pemerintahan kecamatan dan desa.

Program dan kegiatan yang dibiayai yakni yang terdiri dari 23 urusan wajib dan 5 urusan pilihan serta 7 urusan pemerintah fungsi pelayanan yang dilaksanakan. Pada urusan wajib, urusan pekerjaan umum dan penataan ruang menyerap anggaran yang paling tinggi yaitu sebesar Rp387 miliar.

Pada urutan kedua adalah urusan kesehatan sebesar Rp43,8 miliar selanjutnya diurutan ketiga adalah urusan pendidikan sebesar Rp22,9 miliar. Sedangkan dari urusan pilihan, urusan pertanian yang menyerap angaran paling tinggi sebesar Rp7,9 miliar.  

"APBD Kabupaten Tulangbawang Barat tahun 2017 disusun melalui pendekatan anggaran berbasis kinerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dari input yang direncanakan," ujarnya. (*)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.