Halloween party ideas 2015



BLAMBANGAN UMPU -- Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan menggelar pelatihan sistem informasi kesehatan daerah di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Senin (23/4).

Dalam pidato Bupati Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya, yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abu Kori, menjelaskan, Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan sarana penghubung aliran data kesehatan antara kabupaten, provinsi dengan pusat.

Pengolahan data-data kesehatan perlu diatur sebaik mungkin, agar data-data tersebut dapat terintegrasi secara menyeluruh dari level kabupaten, provinsi hingga pusat. Sistem Informasi Kesehatan ditujukan agar mempermudah para pengumpul data yang ada di daerah dalam melakukan rekapitulasi data dan melakukan pelaporan secara terpadu.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan aliran data tersebut melalui pengembangan dan pemanfaatan Sistem Elektronik. Salah satu langkah yang diupayakan adalah dengan mengembangkan Aplikasi Elektronik Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik berbasis website. Aplikasi ini bersifat open source dan dikembangkan dalam dua versi, yaitu versi online dan versi offline yang selanjutnya disosialisasikan di daerah-daerah secara bertahap.

Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu daerah yang mendapatkan pelatihan dan pemantapan penggunaan Sistem Informasi Kesehatan (SIKDA) Generik. "Saya berharap dengan adanya Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik ini, Puskesmas akan mempermudah dalam melakukan pengolahan dan pelaporan data yang dapat dilakukan melalui satu pintu dengan aplikasi SIKDA Generik," terangnya. (*)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.