Halloween party ideas 2015

JAKARTA -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lampung Tengah ikut menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) yang berlangsung di hotel Bidakara Jakarta Selatan. FKUB mempunyai peran dan fungsi menjaga harmoni kebangsaan guna mendukung pelaksanaan Pilkada serentak, hal ini yang mendasari kehadiran mereka.

Acara  secara resmi di buka dengan pemukulan gong oleh Menko Polhukam yang didampingi Mendagri dan Menteri Agama RI, (18/04/2018).

Dalam sambutannya, Menko Polhukam, mengatakan, kerukunan umat beragama merupakan kunci keberhasilan berbangsa dan kedaulatan negara hanya di dapat negara yang bersatu. Suhu politik akan meningkat, tapi kerukunan harus tetap dipelihara

Wiranto mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan meskipun suhu politik akan meningkat menjelang Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019.

"Kerukunan bangsa, persatuan bangsa merupakan syarat mutlak untuk membangun negeri ini," ujar Wiranto di hadapan ratusan peserta Rakornas
Wiranto mengatakan tujuan negara Indonesia seperti tertuang dalam Proklamasi Kemerdekaan adalah untuk mencapai kemerdekaan, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya persatuan di antara semua elemen bangsa.

"Setelah merdeka maka harus bersatu, berdaulat, adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia, artinya adalah untuk menuju adil dan makmur harus berdaulat, berdaulat harus bersatu, kedaulatan hanya dapat dicapai jika bersatu, ada semangat bersama untuk membangun negeri ini," ucapnya. 

"Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural terdiri dari berbagai suku agama dan ras," kata Wiranto.

Dikatakan Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH. Dr. Ma'ruf Amin, ia mengungkapkan rasa syukur, rumusan dan penetapan FKUB bersama Mendagri, Menteri Agama, FKUB ternyata tidak hanya berperan dalam hal keagamaan saja, namun juga berperan membina kerukunan demi NKRI.

"Mohon dibuatkan berdasar UU dan anggaran FKUB untuk ditetapkan secara APBN dan APBD, baik provinsi maupun Kabupaten/kota, sampai dengan pilkada FKUB berperan menjaga stabilitas kebangsaan," tuturnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo pada kesempatan itu juga memberikan arahan kepada para gubernur, bupati dan walikota untuk mengganggarkan FKUB, karena kata Mendagri, FKUB perannya sangat penting dalam membina kerukunan.

Ketua DPD RI Bambang Soesatyo, yang juga hadir, menuturkan, kemajemukan bangsa, selain merupakan anugerah juga rawan terjadi gesekan.

Terselenggaranya Rakornas FKUB mendapat apresiasi dan dukungan dari Pembina FKUB Kabupaten Lampung Tengah yang juga Plt Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyo Soemarto.

"FKUB diharapkan mampu memperkuat rasa kebangsaan," ujarnya.

Hadir pada acara tersebut Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua DPD RI Bambang Widiyanto, anggota DPD RI, Ketua MUI KH. Dr. Ma'ruf Amin, Gubernur, Wakil Gubernur se Indonesia, Kaksa Agung Prasetyo, Ketua Gereja se Indonesia, Ketua Parisadha, Ketua umat Budha Indonesia dan Majelis Konghucu Indonesia.

Dari Kabupaten Lampung Tengah sendiri hadir Ketua FKUB Lampung Tengah Hi. Mutawalli, Ketua Divisi Pemuda antar Lintas Agama FKUB Indah Amelia dan Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa dari Kantor Kesbangpol Lampung Tengah. (jn)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.