Halloween party ideas 2015



KALIANDA -- Angka kasus Demam Berdarah Degue (DBD) di Lampung Selatan hingga Mei 2018 mencapai 85 kasus. Kasus DBD tertinggi berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari dan Natar banyak 16 kasus.

"Sementara, untuk kasus DBD pada tahun 2017 mencapai 206 kasus. Angka tertinggi berada diwilayah Desa Karanganyar, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan sebanyak 32 kasus," ujar Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lamsel Kristi Endarwati, Jumat (22/6).

Menurut dia, upaya penanggulangan penyakit DBD pertama dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) atau pencarian penderita DBD Jika, ada kasus DBD, fogging dilakukan oleh pihak puskesmas dan dibantu Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan dan apabila terjadi kasus DBD dilakukan rujukan ke rumah sakit.

"Nah, nanti Tim Surveilans Rumah Sakit akan menginfokan ke surveilans Dinkes dan ke puskesmas di wilayah/lokasi pasien sebelumnya. Lalu, kita akan dilakukan PE. Bahkan, jika diperlukan akan dilakukan fogging. Tapi, tidak semua kasus DBD harus di fogging. Hal ini tergantung hasil PE," katanya.

Selain itu, jelas Kristi, pada saat tim puskesmas melakukan PE juga dibarengi dengan penyuluhan dan pemberian abate. "Selama libur hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah tidak ada laporan kasus DBD dari seluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan," ujarnya. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.