Halloween party ideas 2015



KALIANDA -- Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan sebelah selatan selat sunda terus meningkat sejak empat hari terakhir. 

Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan GAK mencatat telah terjadi 446 kali letusan, 70 kali hembusan dan 43 kali gempa dengan low frekuensi selama 24 jam terakhir.

“Aktivitas GAK terus meningkat setelah sempat turun tiga hari lalu. Catatan hari ini, letusan gunung api tersebut mencapai 446 kali perhari dengan amplitudo: 29-52 mm dan durasi: 36-321 detik,” kata kepala Pos Pemantau GAK di Hargopancuran, kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan Andi Suardi, Senin (2/7).

Ia menjelaskan, GAK dalam beberapa hari ini memang menunjukan adanya peningkatan aktivitas. Sejak tanggal 18 Juni 2018 lalu,  ujar Andi,  selain gempa vulkanik dan tektonik, terekam juga gempa Tremor menerus dengan amplitudo : 6-34 mm, Durasi : 63-103 detik.

“Jika selama tiga hari terakhir aktivitas GAK tanpa letusan dengan jumlah hembusan uap panas rata rata 55 kali per hari dan 59 kali gempa Low Frekuensi. Namun Senin (2/7) dini hari tadi, letusan mencapai 546 kali dan jumlah keseluruhan kegempaan sampai 136 kali,” katanya. 

Pengamatan Visual GAK saat ini berkabut 0-III. Teramati sinar api pada malam hari dari cctv dan asap kawah tidak teramati. Sedangkan kondisi Cuaca cerah. Angin bertiup lemah ke arah timur dan barat daya dengan suhu udara 22-33 °C dan kelembaban udara 68.8-99.9 %. 

Meski aktivitas GAK meningkat PVMBG Pos Pengamatan GAK masih menetapkan status Anak Krakatau  waspada  (Level II) dengan memberikan rekomendasi kepada masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekat dalam radius 1km dari gunung api tersebut. 

“Larangan tersebut untuk mengantisipasi hal hal yang merugikan masyarakat nelayan maupun wisatawan,  mengingat gunung yang berada di tengah laut itu termasuk salah satu gunung aktif di dunia,” tandas Kepala Pos Pemantau GAK di Hargopancuran, kecamatan Rajabasa, Lamsel itu. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.