Halloween party ideas 2015



MENGGALA -- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) berencana meluncurkan aplikasi sistem online dalam mengelola keuangan daerah.

Dengan menerapkan aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Keuangan Pemerintah Tulangbawang (Sikep Tuba) diharapkan  pengelolaan keuangan dapat berjalan optimal, transparan, dan terintegrasi.

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kabupaten Tulangbawang, Ferdi, mengatakan keberadaan sistem informasi menjadi salah satu pilihan bagi pemda setempat untuk memudahkan dan mengoptimalkan proses penyerapan anggaran.  

Selama ini pemda selalu kesulitan untuk memonitoring dan mengevaluasi penyerapan anggaran secara cepat dan tepat waktu bagi seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) setempat. "Aplikasi Sikep Tuba merupakan upaya inovatif dengan membuka ruang baru untuk menyampaikan informasi proses penyerapan anggaran yang lebih efektif, efisien, dan akurat," kata Ferdi, Senin (16/7).

Menurutnya Sikep Tuba ini merupakan salah satu wujud nyata BPKAD sebagai pejabat pengelola keuangan pemda dengan memberikan kemudahan akses untuk stakeholder pengususl maupun terkait dengan tujuan pengelolaanya semakin akuntable dan tepat sasaran.

Terdapat banyak manfaat proyek perubahan yang dibangun yakni pengoptimalan penyerapan anggaran pemerintah daerah, terwujudnya proses pengelolaan keuangan yang transparan dan terintegrasi, serta tidak terjadi pemotongan dan penundaan transfer dana dari pusat.

"Ada dua kesimpulan dari kegiatan proyek perubahan ini. Pertama keberadaan aplikasi terintegrasi berbasis web ini menjadi salah satu pilihan bagi pemerintah daerah untuk memudahkan dan mempercepat proses penyerapan anggaran untuk kegiatan pembangunan. Kedua Sikep Tuba  dapat menjadi alat penyederhanaan bagi stakeholders pemda yang memiliki kebijakan anggaran dalam mengoptimalisasi penyerapan anggaran berbasis kinerja tepat waktu," ujarnya. (*)



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.