Halloween party ideas 2015



BANDAR LAMPUNG -- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung siap melaksanakan kampanye MR serentak pada Agustus-September mendatang.

Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Asih Hendrastuti, mengungkapkan persiapan yang telah dipersiapkan menyambut kampanye MR di Lampung mulai dari sarana dan prasarana, petugas hingga penanganan ketika terjadi Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Untuk kesiapan SDM dan sarana kampanye MR dengan melibatkan Dokter umum, dokter gigi, dokter anak dan sebagainya sebanyak 1.452, bidan 5.712, perawat 6.986, kader 37.048, supervisor 5.468.

Kemudian untuk tenaga di tingkat TK/Paud sederajat sebanyak 6.836 bh, SD/MI negeri/swasta sebanyak 2.678, SLB 23, pos imunisasi di sekolah dan posyandu sebanyak 18.790. Coldroom prov di Kabupaten/kota 4 unit. Lemari es tk pkms 312 unit,  lemari es tk Kabupaten/kota 70 unit, freezer 20 unit, vaccine carier 4.256 bh, cold box 290 bh, cold box 20 liter 50 bh.

Sasaran kampanye MR Provinsi Lampung dari pusat diharapkan sebanyak 2.196 199, akan namun Provinsi mentargerkan lebih banyak 2.237.041

Asih menjelaskan, nantinya limbah kampanye MR dari 15 Kabupaten/Kota   di kumpulkan dan dimusnahkan di RSUD dan membuat MoU dengan pihak ke 3 untuk pemusnahan.

"Jadi limbah MR kami musnahkan, pengumpulan limbahnya ada yang di RS dan Puskesmas kemudian pusnahanya kami ada MoU dengan pihak ke -3," jelasnya.

Untuk memberi rasa aman kepada petugas, Dinas juga telah menyiapkan tim khusus untuk investasi KIPI pelacakan /investasi kasus KIPI yang dilaksanakan oleh tim puskesmas dan tim pokja KIPI Kabupaten/Kota. "Kami juga menunjuk salah satu rumah sakit dan kontak person sebagai penangghng jawab laporan KIPI yang dirujuk ke RS." jelasnya.

Persiapan yang telah dilakukan oleh Komda KIPI Provinsi salah satunya dengan membuat SK Kepala dinas Kesehatan Provinsi tentang tim komda PP KIPI Provinsi. Lalu berkoordinasi dengan RSUDAM sebagai rumah sakit rujukan provinsi untuk kasus KIPI serius. 

Dinas juga melaksanakan pertemuan workshop persiapan Pokja PP kabupaten kota dengan peserta dokter spesialis anak kabupaten kota penanggung jawab program imunisasi kabupaten kota.

Petugas pelaksana vaksin juga telah dilakukan pelatihan, dengan cara training petugas dalam rangka kampanye MR tingkat kabupaten kota yang terdiri dari bidan sebagai koordinator di Puskesmas,  dokter sebagai penanggung jawab vaksinator Puskesmas. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.