Halloween party ideas 2015



KALIANDA -- Menurunnya harga jual buah pepaya california belakangan ini membuat para petani di Kecamatan Palas, Lampung Selatan, mengeluhkan nasibnya. Sebab, penurunan harga tidak sebanding dengan biaya pengeluaran dalam merawat pepaya california. 

Seperti yang diungkapkan, Darasino (42) petani pepaya california si Desa Tanjungsari, Kecamatan Palas. Dia mengatakan saat ini harga jual Pepaya california seharga Rp1.500 - Rp2.000 per kilogram. Padahal, harga dari buah pepaya ini sebelumnya cukup tinggi, berada pada kisaran harga Rp4.000 - Rp5.000 per kg.

"Harga jualnya turun sekitar 50 persen dari sebelumnya. Ya sudah pasti kejadian ini sangatlah merugi bagi kami petani papaya. Sebab, tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk budidayanya. Enggak seimbang lah pengeluaran dan pendapatan kami," kata dia, Minggu (8/7). 

Dia mengatakan, untuk menghasilkan buah yang memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh ini, dibutuhkan dua jenis pupuk, yakni pupuk NPK Phonska dan Pupuk mutiara. Dimana, dalam satu kali masa pemupukan, bisa menghabiskan pupuk yang cukup banyak.

"Coba dikalikan saja dengan harga pupuk sekarang. Tentu petani pun harus merogoh kocek yang cukup banyak, sementara hasil dari penjualannya sangatlah minim. Belum biaya lainya, seperti upah buruh harian" katanya. (*/lp)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.