Halloween party ideas 2015



BANDAR LAMPUNG -- Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung meraih penghargaan Science and Technology Index (Sinta Award) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal ilmiah.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Moh Mukri, mengatakan Sinta Award merupakan apresiasi Kemenristek Dikti kepada pihak UIN karena telah menunjukkan prestasi nyata dalam mengelola jurnal ilmiah dan publikasi, Kamis (5/7).

“Penghargaan diberikan Rabu (4/7) kemarin di Jakarta. Itu merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras yang dilakukan dosen di institusi dalam melakukan penelitian, sehingga memperoleh hasil yang bereputasi dan terakreditasi nasional maupun internasional,” ujar dia.

Menurut dia, Sinta Award yang diraih UIN Raden Intan Lampung di dalamnya terdapat dua nominasi, yakni institusi dan penulis dengan produktivitas publikasi tertinggi kategori perguruan tinggi keagamaan.

“Hasil verifikasi, evaluasi, dan pemeringkatan di Sinta Award ternyata UIN masuk di dalam dua nominasi dengan produktivitas publikasi tertinggi kategori perguruan tinggi keagamaan, yakni institusi dan penulis yang diraih Tulus Suryanto,” ujar dia.

Dikatakan Mukri, diraihnya Sinta Award mampu meningkatkan motivasi tenaga pendidik di tempatnya untuk terus menggaungkan dan melakukan penelitian guna meningkatkan kuantitas dan kualitas jurnal ilmiah.

“Dalam peningkatan pelayanan akses pendidikan melalui jurnal tidak sekedar mengejar dari segi kuantitas saja, tetapi dapat diimbangi dengan peningkatan mutu akademik secara kualitas,” kata Mukri.

Ia juga mengatakan, publikasi dan jurnal ilmiah mempunyai peranan penting dalam menentukan kebijakan atas hasil penelitian yang dilakukan, terlebih telah dikenal secala luas di dunia internasional.

“Sudah pasti jurnal mejadi salah satu rujukan dalam menentukan kebijakan di dunia pendidikan, tentunya bagi jurnal yang dapat dipertanggunjawabkan, apalagi jurnal itu telah diakui dunia internasional,” kata dia.

Menurutnya, publikasi ilmiah diseluruh dunia hingga tahun ini telah terdaftar sekitar 109.000 dari 4.530 lembaga, dan 2.066 jurnal, 9.905 buku, dan 1.445 kekayaan intelektual yang terindeks di website Sinta.

“Hasil karya berupa jurnal yang telah dipublikasikan dan didaftarkan oleh lembaga dan dosennya sudah mencapai ratusan ribu. Diantara di dalamnya juga ada dari UIN Raden Intan Lampung,” kata dia. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.