Halloween party ideas 2015



KALIANDA -- Suara dentuman dan getaran yang lemah hingga keras dirasakan sampai Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Anak Krakatau, berbarengan dengan gempa tremor terus menerus (Microtremor) mendominasi aktivitas gunung setinggi 305 meter dari permukaan laut (mpdl) itu sejak beberapa hari belakangan ini. 

Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  Pos PGA periode pengamatan Senin (6/8), menyebutkan asap kawah teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 200 meter di atas puncak kawah. Pada  malam hari melalui CCTV teramati sinar api dan terdengar suara dentuman serta getaran yang dirasakan keras di Pos PGA. Secara terus menerus terekam gempa tremor  dengan amplitudo 12-45 mm (dominan 45 mm).

Pada hari sebelumnya, Minggu (5/8) pukul 00:00 WIB-24:00 WIB, asap kawah tidak teramati dan pada malam hari teramati sinar api dan terdengar suara dentuman dengan getaran yang lemah hingga keras dirasakan di Pos PGA.  Pada hari itu juga terekam gempa tremor secara terus menerus (Microtremor) dengan amplitudo 17-42 mm (dominan 42 mm).

Aktivitas Gunung api yang masih tinggi itu, ujar Andi, PVMBG Pos PGA masih melarang masyarakat maupun wisatawan merekomendasikan kepada masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah pada radius 2km. 

“Sampai saat ini aktivitas GAK fluktuatif dengan status waspada lsvel  II.  Meski terjadi gempa berkekuatan cukup besar di NTB tidak mempengaruhi aktivitas GAK jadi meningkat,” ungkap Andi Suardi.  (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.