Halloween party ideas 2015



BANDAR LAMPUNG -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lampung mengadakan pelatihan bertajuk Perizinan Usaha bagi UMKM di aula Pemkot Metro, Selasa (18/9).

Pelatihan tersebut dihadiri 102 nasabah dan calon nasabah yang merupakan pemilik usaha home industry, jasa, dan perdagangan.

Kepala PT PNM Cabang Lampung Deden Yoga Nugraha mengatakan pelatihan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan bagi para UMKM tentang izin-izin yang diperlukan untuk usaha.

Menurutnya, persaingan usaha bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia, khususnya di Lampung, cukup pesat dan tidak dapat dihindari dari perjalanan bisnis UMKM. Ia menilai pemberdayaan UMKM dan koperasi dalam dimensi pembangunan nasional yang berlandaskan sistem ekonomi kerakyatan, tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antargolongan dan antarpelaku usaha ataupun penyerapan tenaga kerja.

"Lebih dari itu pengembangan UMKM juga harus mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat perubahan struktural, yaitu dengan meningkatnya perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional," kata Deden, Selasa (18/9).

Dengan diadakannya program pelatihan tentang perizinan usaha tersebut, ujar Deden, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan nasabah PNM Cabang Lampung tentang izin-izin yang diperlukan untuk usaha.

"Banyaknya pelaku usaha yang belum memahami tentang perizinan usaha, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan pelatihan pengembangan kapasitas usaha kali ini dengan tajuk Perizinan Usaha bagi UMKM," ujarnya.

Ia menambahkan melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat terbentuk UMKM yang profesional dan patuh terhadap ketentuan pemerintah terkait perizinan usaha. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.