Halloween party ideas 2015



KALIANDA -- Aktivitas letusan dan tremor menerus yang terus meningkat akan membuat Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda itu cepat tumbuh besar dan tinggi. 

Berdasarkan sumber data KESDM, Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau sejak erupsi pada 18 Juni 2018, gunung api aktif itu masih tercatat setinggi 305 meter dari permukaan air laut (mpdl), namun sejak 26 September 2018 lalu,  GAK bertambah tinggi 33 mpdl menjadi 338 mpdl.

“Gunung Anak Krakatau (GAK) akan semakin cepat tumbuh dan bertambah tinggi jika aktivitas vulkanik terus meningkat,” kata Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa,  Lampung Selatan Andi Suardi,  Senin (8/10/2018).

Dalam beberapa bulan terakhir, ungkap Andi,  gunung api di Selat Sunad itu bertambah tinggi 33 mpdl. 

“Kita pakai teropong yang bisa ukur ketinggian pada 26 September lalu dan ternyata GAK bertambah tinggi. Aktivitasnya yang tinggi membuat GAK cepat tumbuh besar dan tambah tinggi,“ ujarnya. 

Meski letusan dan gempa tremor menerus hampir terjadi setiap hari,  hal ini tidak berbahaya selama aktivitas masyarakat nelayan maupun wisatawan berada pada radius 2 km dari kawah. ”Sejauh ini tingkat aktivitas GAK Level II (Waspada). Pada tingkat ini PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2km dari kawah,” ujar Andi.

Berdasarkan laporan PVMBG hingga saat ini aktivitas letusan dan kegempaan tremor menerus gunungapi anak krakatau masih tinggi.  Terekam pada periode pengamatan Senin (8/10/2018) pukul 00.00-24.00 WIB, gunungapi anak krakatau setinggi 338 mdpl itu meletus sebanyak  397 kali dengan amplitudo : 40-47 mm dan durasi : 37-177 detik disertai gempa tremor menerus Amplitudo 3 - 35 Dominan 20 mm.

Secara visual Gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.  Pada malam hari dari CCTV teramati sinar api dan lava pijar, terdengar suara dentuman dan getaran kaca yang dirasakan lemah-kuat di Pos PGA. Sedangkan kondisi cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah timur laut. Suhu udara 26-35 °C, kelembaban udara 47-86 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.