Halloween party ideas 2015



WAY KANAN -- Bupati Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya mengajak generasi muda serta masyarakat untuk menjaga gigi tetap sehat dengan cara menggosok gigi setiap hari. Hal itu disampaikannya, saat peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2018, di Kampung Bandar Sari, Kecamatan Way Tuba, Rabu (31/10).

Dalam kesempatan itu, Adipati, menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya BKGN. Karena hal ini sangat relevan dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam bidang kesehatan yang tertuang dalam Undang-Undang 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bahwa pelayanan kesehatan gigi dan mulut dilakukan  untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk peningkatan kesehatan gigi, pencegahan penyakit gigi, pengobatan penyakit gigi, dan pemulihan kesehatan gigi yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi serta berkesinambungan sekaligus dilaksanakan melalui pelayanan kesehatan gigi perseorangan, pelayanan kesehatan gigi masyarakat, usaha kesehatan gigi sekolah.

Cara yang sangat sederhana untuk mencegah penyakit gigi yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan pada usia berapa saja adalah dengan menyikat gigi. Hasil Riskesdas 2007 melaporkan sebagian besar penduduk berperilaku menyikat gigi setiap hari, namun perilaku yang benar baru mencapai 7%. 

Dapat dibayangkan betapa besar beban pelayanan kesehatan gigi apabila masyarakat tidak berperilaku yang benar dalam menyikat gigi. Temuan selanjutnya yang mendukung adalah angka keperawatan yang sangat rendah, terjadinya keterlambatan perawatan yang tinggi, dan kerusakan gigi sebagian besar sehingga berakhir dengan pencabutan. 

"Oleh karena itu melalui kegiatan pada hari ini, saya berharap dapat menambah pengetahuan, serta mampu merubah perilaku  masyarakat Way Kanan khususnya siswa siwi Sekolah Dasar dalam hal pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut," ungkapnya. (*)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.