Halloween party ideas 2015



JAKARTA -- Kabupaten Pringsewu mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan sebagai kabupaten inovasi terbaik II nasional untuk STBM. Peringkat pertama dalam inovasi STBM diraih oleh pemerintah Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan peringkat ke-tiga diraih oleh pemerintah Kabupaten Karang Anyar Provinsi Jawa Tengah.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Kesehatan, bertempat di Auditorium Siwabesi gedung Adhiyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (18/10).

Penghargaan STBM Award diserahkan kepada Bupati Kabupaten Pringsewu yang diwakili oleh  Assisten I bidang Pemerintahan, Drs. Zuhairi. 

Inovasi program STBM di Kabupaten Pringsewu menjadi satu dari beberapa keunggulan dari hasil penilaian dari team juri pada STBM Award 2018. 

"Kabupaten Pringsewu dalam program STBM banyak melahirkan regulasi diantaranya Perbub percepatan Universal Akses, Gebrak ODF, serta Satgas ODF yang diketuai oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu Fauzi. Dalam Satgas beranggotakan seluruh OPD, dilakukan action bersama baik pemicuan, dan monev rutin oleh semua OPD dan semua sektor yang terkait dimana semua OPD bertanggung jawab di masing-masing kecamatan yang melibatkan uspika kecamatan (polsek dan TNI),” ungkap Zuhairi.

Keberhasilan Kabupaten Pringsewu dalam mecapai target ODF dan sukses dalam pelaksanaan program STBM tidak terlepas dari peran parapihak baik pemerintah, masyarakat dan LSM.

Yayasan Konservasi Way Seputih yang sejak 2016 hingga saat ini terus melakukan upaya advokasi untuk Sanitasi dan Air Bersih (WASH) di Kabupaten Pringsewu terus mendorong pemerintah daerah Pringsewu untuk melahirkan kebijakan baik peraturan mau peningkatan anggaran.

"Kami terus mendorong pemerintah daerah Pringsewu untuk terus konsisten dan berinovasi dalam bidang sanitasi. Untuk melahirkan regulasi, menguatkan kelembagaan dan meningkatkan anggaran bidang Sanitasi. Saat ini teman-teman di Kabupaten Pringsewu sedang menyusun Perbub untuk POS ODF, bahkan ada perda inisiatif dari DPRD Kabupaten Pringsewu untuk STBM, dan masih dalam proses penyusunan, apresiasi untuk pihak Eksekutif maupun Legislatif dan Masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk penghargaan STBM Award 2018," ungkap Febrilia Ekawati, Direktur Eksekutif YKWS. (*)


Post a Comment

Powered by Blogger.