Halloween party ideas 2015



BANDAR LAMPUNG -- Bagi anak yang baru lahir sampai 17 tahun ke bawah disarankan untuk memiliki Kartu Identittas Anak (KIA). Dan bagi anak yang telah berumur diatas 17 tahun disarankan untuk membuat KTP elektronik. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung Zainuddin, mengatakan untuk warga Kota Bandar Lampung yang memiliki anak diharuskan membuat KIA, Selasa (6/11).

Syarat utama untuk proses pembuatan KIA itu, si anak terlebih dahulu harus terdata dalam Kartu Keluarga (KK), dan telah dibuatkan akta kelahiran. “Bawa KK ortunya yang asli, bawa surat tempat anaknya lahir, surat nikah orang tua si anak, akte kelahiran, baru setelah itu bisa membuat KIA. Akta itu penting,  sebab nanti didalam KIA tertera nomor akta kelahiran anak,” kata Zainuddin. 

Dengan telah memiliki KIA, kata Zainuddin, anak akan mendapatkan pelayanan sama seperti warga yang telah memiliki KTP elektronik,  seperti pelayanan BPJS,  dan juga untuk keperluan masuk sekolah yang memerlukan KIA. 

“Untuk proses pembuatannya bisa langsung dengan membawa 3 persyaratan tersebut ke bagian pelayanan Disdukcapil, tidak perlu melalui lurah atau camat,  langsung saja ke bagian pelayanan nanti akan diarahkan,” lanjutnya.  

Sampai saat ini Disdukcapil Bandar Lampung telah melayani pembuatan KIA itu kurang lebih puluhan ribu proses pembuatan KIA yang dilayani oleh Dinas setempat, dan sejauh ini tidak ada kendala.  

Terakhir,  pihak Dinas menghimbau agar para orang tua dapat memenuhi kebutuhan data kependudukan anaknya dengan membuat kartu identitas bagi si anak. 

“Selaku orang tua, buatkanlah dokumen kependudukan anaknya,  paling ideal selain bertanggungjawab terhadap hal lain,  juga terhadap data kependudukan anak,  mudah cara ngurusnya dan juga tidak bayar-bayar,” tutupnya. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.