Halloween party ideas 2015


Bandar Lampung -- 
Mantan Kapolda Lampung Irjend. (Purn). Pol Edward Syah Pernong memberikan ceramah Motivasi Kepemimpinan dihadapan ratusan siswa-siswi SMAN 9 Bandar Lampung, saat siswa mengikuti kegiatan Pusdilatgab, di Lapangan Wisata Boemi Kedaton, Sabtu, (10/11) pagi.

Dalam pemaparannya, Edward Syah mengatakan Sikap kepemimpinan adalah suatu sikap pribadi yang mampu mengembangkan potensi diri, mampu menempatkan diri serta mampu berfikir terbuka dan positif terhadap diri dan lingkungan.

Adapun sikap kepemimpinan ini tidak hadir dengan sendirinya melainkan dibangun dan dibentuk oleh pilar-pilar pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
Student Leadership (Kepemimpinan Siswa) merupakan upaya untuk membangun sikap kepemimpinan dalam diri siswa agar menjadi siswa yang bertanggung jawab, siswa yang dapat menjalankan perannya sebagai siswa serta siswa yang dapat mengembangkan potensinya sebagai seorang pribadi.

Student leadership dapat dibangun melalui berbagai macam kegiatan seperti Latihan Dasar  Kepemimpinan.

Pun Edward juga menambahkan,  Student Leadership sangat penting dalam dunia pendidikan hal ini dikarenakan siswa sebagai “agent of change” harus dapat memberikan perubahan di dalam masyarakat.

Pendidikan merupakan salah satu sumber kebudayaan yang harus terus digali dan dikembangkan dan hal ini akan sangat optimal jika para siswanya mempunyai jiwa leadership yang kuat serta berkarakter karena dengan sikap seperti itu siswa akan terus mempunyai sikap tidak mudah putus asa, berfikir kritis, mampu mengungkapkan pendapat dalam proses pembelajaran.

Student Leadership dan pendidikan sebenarnya mempunyai hubungan timbal balik yaitu “take and Give" dimana Student Leadership dapat dibentuk melalui kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah, begitupun sebaliknya pendidikan yang dibangun di atas pribadi yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat akan mengahsilkan output yang juga berkualitas tidak hanya dalam bidang akademis melainkan juga bagaimana ia berkiprah, memberi manfaat bagi dirinya, orang-orang sekitar serta masyarakatnya.

Acara yang berlangsung dari pukul 9.00 wib berakhir pukul 11.00 wib penutupan, sebelum penutupan Pun Edward,

melakukan tanyajawab kepada para siswa seputar motivasi dan karakter siswa dalam pembelajaran sehari-hari. (*)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.