Halloween party ideas 2015



BANDAR LAMPUNG -- Tim mobil hemat energi Moran Fakultas TekniK Universitas Lampung (Unila) kembali meluncurkan tiga mobil hemat energi seri terbaru, di kampus setempat, Sabtu (10/11). Ketiga prototipe mobil hemat energi tersebut yaitu mobil Radin Intan dengan tenaga listrik, Mobil Radin Intan berbahan bakar solar dan mobil hemat energi Radin Intan kategori urban gasoline.

Dosen pembina Tim Moran FT Unila, Martinus menyebut, ketiga prototipe mobil hemat energi seri terbaru tersebut dinilai lebih ringan, dan memiliki kecepatan lebih maksimal dibanding seri sebelumnya.

Mobil kendaraan hemat energi dengan motor listrik kecepatannya bisa mencapai 50 km/jam, sementara kendaraan berbahan bakar solar dengan mesin disel 200cc kecepatannya bisa mencapai 90km/jam dan hemat bahan bekar 150-200km per liter. "Khusus kendaraan urban gasolin yang memanfaatkan bahan bakar bensin dengan mesin 125cc kami berharap kecepatannya bisa maksimal, yakni mencapai 200km/jam," ujar Martinus, Minggu (11/11).

Selain lebih hemat, ketiga keluaran prototipe mobil hemat energi yang dipersiapkan selama empat bulan tersebut juga dinilai lebih ringan bobotnya. "Kami menggunakan mesin terbaru, dan bodi tetap menggunakan fiber glass komposit, dan kerangka menggunakan alumunium," ujar Martinus.

Martinus menyebut ketiga kendaraan hemat energi tersebut dipersiapkan untuk mengikuti kontes mobil hemat energi nasional yang akan diadakan di Universitas Negeri Padang, 27 November - 3 Desember mendatang.

"Harapannya semua kendaraan bisa beroprasi maksimal, dan kami bisa mendapat gelar juara," tambah Martinus.

Martinus menyebut Tim Moran FT Unila juga akan menjajaki pembuatan mobil hemat energi untuk komersial. "Harapannya tahun depan kami sudah bisa memproduksi kendaraan secara komersial," ungkap dia. (*)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.