Halloween party ideas 2015

KODE ETIK MEDIA SIBER WWW.JOURNALNUSANTARA.CO.ID

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme.

Atas dasar itu, wartawan Media Siber www.journalnusantara.co.id WAJIB menaati:

1. Wartawan
www.journalnusantara.co.id berkewajiban menjunjung tinggi kebenaran dan hak masyarakat untuk memperoleh informasi serta bertanggungjawab kepada publik.

Penjelasan: Sudah jelas

2.   Wartawan www.journalnusantara.co.id memberi tempat bagi pihak yang kurang memiliki kemampuan, kesempatan dan akses untuk menyuarakan pendapatnya.

Penjelasan: Sudah jelas,

3.   Wartawan www.journalnusantara.co.id menghargai keanekaragaman sikap dan pandangan dalam masyarakat dan menghindari kebencian, prasangka, sikap merendahkan, diskriminasi, dalam masalah suku, ras, bangsa, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, agama, pandangan politik juga orang berkebutuhan khusus atau latar belakang sosial lainnya.

Penjelasan:
1.   Prasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui
     secara jelas
2.   Diskriminasi adalah pembedaan pedakuan,

4. Wartawan www.journalnusantara.co.id DILARANG membuat dan menyiarkan berita bohong (HOAKS).

Penjelasan: Sudah jelas

5.  Wartawan www.journalnusantara.co.id DILARANG menerima imbalan berbentuk apapun dari Narasumber berkaitan tugas sebagai jurnalis.

Penjelasan: Sudah jelas

Powered by Blogger.